Ukail’s Blog


Fadilah Do’a

Ayat kursi

255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.

[161] Kursi dalam ayat Ini oleh sebagian Mufassirin diartikan dengan ilmu Allah dan ada pula yang mengartikan dengan kekuasaan-Nya.

Penjelasan tentang Ayat kursi:

Ayat Kursi diturunkan pada suatu malam setelah hijrah. Menurut riwayat, Ketika ayat kursi diturunkan disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai pengantarnya, karena kebesaran dan kemuliaannya. Syaitan dan iblis menjadi gempar karena adanya suatu alamat yang menjadi perintang dalam perjuangannya. Rasulullah s.a.w segera memerintahkan kepada penulis Al-Qur’an, yaitu Zaid bin Tsabit agar segera menulisnya dan menyebarkannya.

Ada terdapat sembilan puluh lima buah hadits yang menjelaskan fadilah ayat Kursi, sebabnya ayat ini disebut ayat kursi karena, karena didalamnya terdapat perkataan Kursi, artinya tempat duduk yang megah lagi mempunyai martabat.

Dan bukan yang dimaksud dengan kursi ini tempat duduk Tuha, tetapi adalah kursi itu adalah syar atas kebesaran Tuhan.

Tuhan menjadikan kursi meliputi tujuh lapis langit dan bumi, kebesaran tujuh lapis dan bumi jika dibandingkan dengan kebesaran kursi adalah seumpama serumpun pohon ditengah padang pasir yang luas. Disamping kiri dan kanan kursi yang megah itu dijadikan pula beribu-ribu kursi yang kecil untuk menambah keindahan dan kemegahannya duduk pada tiap-tiap kursi itu malaikat yang membaca ayat kursi dan malaikat yang menulis pahala orang yang membaca ayat kursi itu.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar